Salutation

Welcome to our Food Page, a place to enjoy an unique delicacy served by SKB's

Tuesday, July 17, 2012

Peking Chicken

Mungkin tidak lah umum ayam dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat masakan style Peking, namun ternyata rasanya sangat enak dan cocok bila dijadikan masakan style Peking. Bahan utamanya tentulah seekor ayam utuh, yang telah dibersihkan dan dihilangkan kepala, ceker dan jeroan didalamnya. Untuk membuka pori-pori daging, lumuri dan pijat-pijat permukaan daging ayam dengan garam secukupnya, diamkan sekitar 10 menit hingga pori-porinya terbuka dan membesar. 


Setelah itu, berikan bumbu dan sayuran kedalam rongga perut ayam dan ditusuk dengan tusuk sate agar tidak lepas. Sayur dan bumbu yang bisa dipakai antara lain jahe, bawang putih, spring onion atau daun bawang, bawang prey, star anise, cengkeh, lada hitam dan berbagai saos. Selanjutnya ayam disiram dengan menggunakan air mendidih sehingga kulitnya menempel sempurna pada daging.



Proses berikut yang perlu kita lakukan adalah pemanggangan didalam oven, sambil dibasting atau dioleskan dengan sauce khusus untuk masakan Peking style ini. Biasanya rumah makan - rumah makan tertentu menggunakan madu, maple syrup, kecap asin atau manis dan saos Hoisin.


Untuk mendapatkan hasil yang bagus, alangkah baiknya bila memanggang Peking Chicken (maupun bebek) dengan cara di-asap atau di-smoke. Sehingga aroma dan rasanya akan lebih khas dan menarik. 



No comments:

Post a Comment

i would be grateful if you'd like to leave a comment. :)