Salutation

Welcome to our Food Page, a place to enjoy an unique delicacy served by SKB's

Tuesday, October 23, 2012

Pork Ribs

Salah satu makanan favorit saya selain Peking Chicken adalah Pork Ribs. Pork ribs bisa dimasak menjadi sup atau dipanggang dengan berbagai saos selera kita. Disini saya akan membahas tentang Pork Ribs yang saya jual di Bistro saya, yaitu SKB's Pork Ribs dimana saya meracik sendiri saos yang saya gunakan sebagai basting sauce saat memanggang ribs ini. 


Sebenarnya, untuk mendapatkan texture ribs yang bagus adalah dengan cara memasaknya didalam oven dengan menaruhnya diatas rak tray bersama dengan mire poix atau sayuran seperti wortel,
bombay, seledri dan bawang putih, namun karena masalah selera, kebanyakan pelanggan saya menyukai ribs nya diolah dengan direbus. Namun demikian, agar rasa dan aroma ribs ini tidak hilang, saya menambahkan sayur-sayuran tadi kedalam air yang saya gunakan untuk merebus ribs ini selama kurang lebih 1 hingga 2 jam tergantung volume ribs yang akan direbus. Apabila ribs yang direbus sebanyak 2 kilogram, maka waktu yang digunakan mencapai 2 jam. Namun pastikan agar daging ribs ini tidak terlalu keras atau lembek, dengan seringnya berlatih maka kita akan lebih tahu texture ribs yang baik. 


Memang ribs normalnya dipanggang diatas panggangan api atau bara, namun apabila anda tidak memiliki pemanggangan atau terlalu repot dan ribet untuk mempersiapkan dan membersihkan pemanggangan nanti setelah digunakan, maka anda bisa memakai oven untuk memanggang ribs ini. Rasanya tidak jauh berbeda, meski anda tidak akan mendapatkan aroma gosong atau caramel terbakar pada ribs anda. Namun ada kelebihan yang akan anda dapatkan bila memanggang ribs dengan menggunakan oven, yaitu aroma lebih meresap dan texture yang lebih lembut dan kering. Hanya pastikan anda tidak terlalu lama untuk memanggangnya didalam oven dan selalu mengoles ribs anda dengan saos bastingan. 


Untuk saos bastingan, anda bisa menggunakan air kaldu sisa rebusan ribs tadi setelah menyaring sayur-sayuran pelengkap sehingga menghasilkan kaldu yang jernih dan berlemak. Anda kemudian dapat memanaskannya kemudian menambahkan saos tomat dan chili secukupnya sesuai selera anda, tambahkan pula gula, dan penyedap rasa dan masak hingga kekentalan yang anda inginkan. Maka saos siap digunakan sebagai bastingan untuk ribs anda. 

Selamat mencoba.. 

No comments:

Post a Comment

i would be grateful if you'd like to leave a comment. :)